Makna Simbolik Penetapan 3 Pasangan Pilpres 2024 di Balik ‘Jam Cantik’

Jakarta

KPU RI telah menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024 kemarin pada pukul 14.02.24 WIB. Ternyata ada makna simbolik di balik penetapan capres-cawapres di waktu tersebut. Apa maknanya?

Penetapan ketiga pasangan capres-cawapres itu dilakukan pada Senin (13/11/2023) saat sidang pleno tertutup di gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat. Adapun ketiga pasangan yang telah ditetapkan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Ganjar Pranowo-Mahfud Md, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Selanjutnya KPU pada hari ini sesuai dengan Pasal 276 Ayat 1 pada tanggal 13 November 2023 jam 14.00 WIB lewat 2 menit dan 24 detik,” kata Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik.

Idham menjelaskan bahwa 14.02.24 sebagai pesan simbolik menjelang hari pencoblosan Pilpres 2024. Hari pencoblosan Pilpres 2024 sudah ditetapkan pada tanggal 14 Februari 2024.

“Kami memilih waktu jam 14.00 WIB lewat 2 menit dan 24 detik menjadi pesan simbolik, itu adalah hari pemungutan suara nanti, ya angkat-angkanya,” imbuhnya.

Pengambilan Nomor Urut Diawali Gala Dinner

Tahapan selanjutnya, KPU akan melakukan pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres. Pengundian dilakukan hari ini di kantor KPU, Jakarta Pusat, pukul 19.00 WIB.

KPU akan mengundang pasangan calon tetap dan parpol pengusung untuk hadir dalam pengundian nomor urut tersebut. KPU juga mengundang para stakeholder terkait lainnya untuk hadir dalam acara pengundian nomor urut.

Rangkaian acara pengundian nomor urut tersebut dimulai dengan menggelar gala dinner atau makan malam bersama.

“Jadi mulai dengan gala dinner, makan malam dengan capres-cawapres, dan pimpinan parpol yang mengusulkan mendaftarkan masing-masing pasangan calon,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023).

Hasyim mengatakan nantinya KPU akan memberikan undangan bagi masing-masing pasangan capres-cawapres beserta parpol pengusungnya. Dia menyebut kuota tamu undangan sebanyak 150 orang.

“Nanti kami layani di tribun yang disiapkan di halaman parkir kantor KPU itu masing-masing pimpinan parpol atau tokoh-tokoh yang diusulkan oleh masing-masing pasangan calon, kuotanya adalah untuk masing-masing pasangan calon adalah 150 orang,” jelas dia.

Lebih lanjut, kata Hasyim, usai makan malam akan dilakukan rapat pleno terbuka untuk pengundian nomor urut. Kemudian, masing-masing pasangan calon akan diberi waktu 10 menit untuk menyampaikan sambutan.

“Rangkaiannya setelah makan malam dilakukan pleno terbuka pengambilan nomor urut, pengundian nomor urut penetapan nomor urut masing-masing paslon, setelah itu kami berikan kesempatan bagi masing-masing paslon sekitar 10 menit untuk menyampaikan kata sambutan,” paparnya.

Simak Video ‘Hari Ini KPU Gelar Pengundian Nomor Urut Capres-Cawapres 2024’:


Saksikan Live DetikPagi:

(eva/dek)

Sumber news.detik.com