Debat Ketiga Pilpres 2024, Mikrofon Menempel di Podium

Paslon-Capres-Debat

Capres Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan usai melaksanakan debat, di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). Foto: Instagram/@prabowo

INDOPOS.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap menyediakan, podium untuk agenda debat ketoga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada, Minggu (7/1/2024). Keberadaanya bukan membatasi gerak peserta debat, melainkan menandakan posisi paslon.

Anggota KPU RI August Mellaz mengatakan, penyediaan podium dipertahankan sesuai hasil rapat evaluasi debat Pilpres 2024 bersama timses dari tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

“Pada saat rapat tadi, disepakati penggunaan podium tetap dilakukan. Dia posisinya memang seperti jangkar dan yang kedua, mikrofonnya satu saja,” kata Mellaz di Jakarta dikutip, Kamis (28/12/2023).

Pengeras suara atau mikrofon hanya menempel di podium. Jumlahnya tentu berbeda dengan debat kedua yakni, tiga unit. “Iya, dipasang di situ. Jadi tetap di podium. Jadi asumsinya ruang geraknya di podium itu saja,” ujar Mellaz.

Rapat evalusi debat ditekankan, untuk mengoreksi seluruh penampilan peserta adu gagasan maupun teknis di dalam arena. Termasuk membahas soal teguran ketika ada tindakan paslon yang dianggap mengompori.

“Ya, pasti Dalam rangka peningkatan dan perbaikan kualitas dari debat berikutnya,” jelas Mellaz.

Debat capres kedua berlangsung pada Januari 2024 mendatang. Adapun tema debat ketiga Pilpres 2024 adalah ‘Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik’.

Peserta debat capres ialah, Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Mereka telah menjalani debat pertama pada 12 Desember 2023, dengan tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga. (dan)

Sumber www.indopos.co.id