Korps Gibran deklarasikan dukungan untuk Prabowo-Gibran 

Jakarta (ANTARA) – Ketua Umum Koperasi UMKM Relawan Prabowo Subianto–Gibran (Korps Gibran) Robby Ferliansyah mendeklarasikan dukungan politik kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Korps Gibran hadir untuk Prabowo dan Gibran, untuk memastikan bahwa Prabowo-Gibran menang sekali putaran dan juga ikut serta dalam pembangunan Indonesia emas 2045,” katanya di Jakarta, Rabu.

Kata dia, keputusannya memberikan dukungan kepada Prabowo-Gibran tak lepas dari kajian dari program kerja pasangan calon itu dinilai konkret dan sangat peduli terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta koperasi di Indonesia.

“Kami ingin momentum pesta demokrasi ini menjadi awal dari bangkitnya koperasi dan UMKM di Indonesia,” harap putra dari Jimly Asshidique itu.

Robby membandingkan program-program kerja ketiga paslon yang bertarung di Pilpres 2024 ini, hanya Prabowo dan Gibran yang paling dekat dengan koperasi dan UMKM.

Dia menjelaskan kakek dari Prabowo yakni Margono Djojohadikusumo, adalah kepala koperasi zaman Hindia Belanda. Dia bekerja dengan Raden Aria Wiratmadja yang memiliki koperasi kredit di Purwokerto yang hari ini berubah jadi Bank Rakyat Indonesia atau BRI.

Lanjut dia, ayah dari Prabowo yaitu Soemitro Djojohadikusumo juga dikenal sebagai begawan ekonomi yang diakui dunia, karena sumbangan pemikirannya dipakai oleh bangsa Eropa.

“Saat ini, Prabowo kembali mencetuskan pemikiran mengenai ekonomi Pancasila. Kami yakin dengan keberadaan Korps Gibran menjadi think-tank nya Prabowo-Gibran dalam periode kampanye dan periode pemerintahan 2024-2029,” katanya menegaskan.

Dia pun meyakini Prabowo-Gibran mempunyai kemampuan dalam memajukan koperasi dan UMKM di Indonesia. Bahkan, Robby memastikan pihaknya akan membangun kerjasama antara pemerintah dengan Korps Gibran.

“Kami tidak ingin menjadi organisasi relawan yang hanya sampai pemilu selesai, kami ingin tetap berada selama lima tahun mengawal program-program Prabowo-Gibran yang khususnya berkenaan dengan ekonomi Pancasila dan berkenaan dengan UMKM dan koperasi,” katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Baca juga: Pengamat: Prabowo harus bisa kontrol emosi saat debat ketiga pilpres
Baca juga: Pakar sebut Prabowo akan menerima banyak kritik pada debat ketiga 
Baca juga: Prabowo sebut punya hubungan emosional dengan Aceh

Pewarta: Fauzi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023

Sumber m.antaranews.com