Pengumpulan Data Pembuatan Litmas Pembinaan Awal dan Assesment

27-12-2023 – Balai Pemasyarakatan Kelas II Purwokerto — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI JAWA TENGAH

Purwokerto, Info_Pas-
Pada hari ini, berdasarkan permintaan dari Lapas Narkotika Kelas IIB Purwokerto, Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Urip Tri K melaksanakan pengumpulan data untuk penyusunan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) Pembinaan Awal dan Assesment terhadap WBP atas nama SY. Saat berkunjung ke Lapas Narkotika untuk pengumpulan data, PK mengadakan wawancara langsung dengan WBP dan melalui data sekunder pendukung antara lain, Petikan Putusan, Berita Acara Pelaksanaan Putusan Pengadilan. Dalam pengumpulan data tersebut, diketahui SY merupakan napi dengan kasus narkoba untuk kedua kalinya. Pidana untuk saat ini, SY menjalani pembinaan di Lapas berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Cilacap selama 7 tahun enam bulan penjara dan denda satu milyar rupiah subsider 3 bulan kurungan.
Diketahui pula bahwa SY menempati Lapas Narkotika sejak pertengahan bulan Februari 2023 dan sebelumnya menjalani pembinaan di Lapas Cilacap dan Lapas Purwokerto. SY pernah melakukan pelanggaran hingga terdapat catatan di Register F karena menggunakan hp bersama 10 rekan WBP.
SY terdampak pandemi wabah Covid-19, nekad menjual sabu karena warung yang dikelolanya sepi pembeli dan harus tutup. Atas seijin istri, SY melakukan bisnis haram hingga akhirnya tertangkap. Kondisi saat ini SY hanya bisa merenungi nasib dan menyesali diri. Keuntungan yang diperoleh SY ternyata tidak seimbang dengan resiko yang dialami ketika harus menjalani proses hukum hingga pembinaan sampai saat ini.
Di akhir wawancara, PK memberikan penguatan kepada SY agar rajin dalam beribadah dan menaati peraturan selama menjalani pembinaan di Lapas.
Litmas pembinaan awal dan Assesmen disusun tidak lain adalah untuk kepentingan pembinaan bagi WBP selama menjalani pemidanaan. Apabila dalam kurun waktu 6 bulan ke depan tidak ada permasalan, maka akan dibuatkan Litmas Lanjutan. Akhir dari kegiatan, tidak lupa PK mengingatkan SY agar menjaga kesehatan dan hubungan baik dengan sesama WBP juga petugas. (UTK/KE/UWE)

Bagikan berita melalui


Sumber sippn.menpan.go.id