Alvara Research: Ganjar dan Prabowo Paling Berpeluang Lolos Putaran Kedua Pilpres 2024

Liputan6.com, Jakarta Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinilai memiliki peluang paling besar untuk masuk putaran kedua pada Pilpres 2024.

Hal itu berdasarkan hasil survei nasional yang dilakukan Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia (FAPTI) bersama Alvara Research Center, terkait Elektabilitas Capres-Cawapres pada Pemilu 2024.

“Kemungkinan besar Pemilu akan berlangsung dua putaran. Dan, peluang paling besar yang masuk ke putaran kedua adalah Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud,” tutur Ketua FAPTI, Andre Rahadian kepada wartawan, Kamis (28/12/2023).

Dia menyebut, tingkat elektabilitas para capres-cawapres belum ada yang menyentuh angka 50 persen, sehingga kemungkinan Pilpres 2024 akan berjalan dua putaran.

Hasil survei pun memperlihatkan sebanyak 46 persen responden akan memilih pasangan Prabowo-Gibran, menyusul Ganjar-Mahfud dengan 26,4 persen dan Anies-Muhaimin sebanyak 21,3 persen. Sementara sisa responden menjawab tidak tahu sebanyak 6,3 persen.

“Pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin di tahun 2019 cukup banyak yang memilih pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md, sedangkan pemilih Prabowo-Sandi akan tetap memilih Prabowo yang berpasangan dengan Gibran di tahun 2024,” jelas dia.

Adapun survei dilakukan pada periode awal Desember 2023 di seluruh Indonesia dengan melibatkan 1.262 responden secara nasional dan 4 ribu responden di Jawa, yang didominasi oleh generasi Z dan milenial sebesar 74,9 persen. Dari total responden muda itu, sebanyak 56,2 persen di antaranya merupakan warga yang tinggal di wilayah perkotaan di Indonesia.

 

Sumber www.liputan6.com