Exco PSSI sebut Thom Haye urus berkas naturalisasi hari ini

Jakarta (ANTARA) – Anggota Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Endri Erawan menyebutkan calon pemain naturalisasi Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Tom Haye, mengurus berkas naturalisasi pada hari ini.

“Ada satu lagi pemain, Thom Haye, sore nanti akan mengurus berkas naturalisasi dahulu. Mudah-mudahan lancar,” ujar Endri saat ditemui usai acara pengambilan sumpah janji setia pewarganergaaan Jay Idzes di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis.

Sementara untuk Maarten Paes, Endri mengatakan masih akan memeriksa terlebih dahulu jika memang akan terdapat rencana naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Haye merupakan pemain keturunan Indonesia yang bermain di klub Liga Belanda SC Heerenveen, sedangkan Paes merupakan pemain keturunan Indonesia yang bermain untuk FC Dallas, Major League Soccer.

Adapun terdapat dua calon pemain Timnas Indonesia yang baru saja disetujui naturalisasinya oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada bulan ini, yakni Jay Noah Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Jay Idzes resmi mengambil sumpah janji setia pewarganegaraan pada hari ini, sedangkan Nathan akan mengambil sumpah WNI pada Januari mendatang karena masih ada urusan dengan klubnya, Swansea City.

Endri menuturkan naturalisasi pemain sepak bola tersebut merupakan kerja keras PSSI dalam upaya memajukan sepak bola Indonesia.

“Naturalisasi ini sudah yang kesekian kalinya dan memang atas permintaan pelatih Shin Tae-Yong juga,” katanya menambahkan.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengisyaratkan jika pihaknya akan menaturalisasi dua pemain keturunan Belanda, yaitu Thom Haye dan Maarten Paes, agar dapat memperkuat Timnas Indonesia.

Sumber m.antaranews.com