Viral “Bromo banjir guys”, Dibantah TNBTS

SURABAYA, SUDUTPANDANG.ID – Banjir bandang di lautan pasir wisata Gunung Bromo viral di media sosial, Selasa (9/01/2024).

Banjir bandang tersebut terekam video amatir warga dan beredar luas di sejumlah media sosial, salah satunya Intagram @Panorama.Malang. Video berdurasi 7 detik itu memperlihatkan derasnya aliran banjir di tengah-tengah padang pasir.

Layanan Iklan Masyarakat Kemenkumham Bali

“Bromo banjir guys,” ucap salah seorang warga.

Informasi yang dihimpun, banjir bandang terjadi di Bukit Dingklik, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Banjir ini terjadi setelah hujan lebat mengguyur kawasan Gunung Bromo sepanjang Selasa siang.

Namun pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) membantah adanya banjir tersebut. Mereka menyebut, aliran air deras di padang pasir Gunung Bromo merupakan genangan air biasa dan akan cepat surut.

Fenomena tersebut terjadi akibat hujan deras di perbukitan. Air tersebut biasanya akan surut dengan sendirinya begitu hujan reda.

“Itu aliran air saja, bukan banjir. Nanti akan meresap di sekitar Mendongan,” kata Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS Septi Eka Wardhani dilansir dari laman iNews.id.


Sumber sudutpandang.id