Viral Kejengkelan Prabowo, PKB: Mungkin Gak Bisa Jawab Pertanyaan Cerdas

Warta Ekonomi, Jakarta –

Asisten Pelatih Tim Nasional (Timnas) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), Jazilul Fawaid komentari singgungan Calon Presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, pada pihak yang mengungkit luas tanah yang dimilikinya.

Dalam singgungan itu, Prabowo menilai pihak tersebut goblok. Meski begitu, Menteri Pertahanan itu sama sekali tidak menyebut nama pihak yang disinggungnya.

Baca Juga: Isu Anies Serang Diri Prabowo, Pengamat: Jurus Melodrama

Jazilul menilai, persoalan itu hanya sebatas transparansi. Mestinya, Prabowo bisa menjawab pernyataan Anies dengan tenang dalam debat capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

“Kalau memang HGU, ya memang semua orang juga tau. Tapi maslaahnya, sebagai calon presiden kan LHKPN juga dibuka, kekayaan juga dibuka, sama halnya ketika bicara pertahanan, hal-hal yang kemungkinan ya bisa dibuka, ya dibuka saja,” kata Jazilul di Rumah Pemenangan Timnas AMIN, Jakarta, Selasa (9/1/2024).

Jazilul juga menegaskan, berbobot tidaknya sebuah pertanyaan dalam debat hanya sebatas persepsi.

Dia juga menegaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sempat menyinggung luas tanah yang dimiliki Prabowo dalam debat capres di periode Pilpres sebelumnya

Baca Juga: Soal Tanah, Prabowo: Daripada Dikuasai Asing, Lebih Baik Saya Kelola

Jazilul lantas mempertanyakan singgungan Prabowo lantaran Jokowi juga mengungkit hal yang sama dalam debat. Sementara Anies, kata dia, hanya mengulang pernyataan Jokowi di debat.

“Itu pertanyaan itu bukan hanya Pak Anies, Pak Jokowi dulu tanya. Makanya mungkin yang dimaksud Pak Jokowi apa gimana?” jelasnya.

Meski begitu, Jazilul menyebut Anies tidak akan terbawa perasaan dengan singgungan-singgungan Prabowo. Menurutnya, publik akan menilai sikap dari para calon pemimpinnya. 

Baca Juga: Lawatan Kampanye Anies di Polewari Mandar Dibatalkan

Lebih jauh, Jazilul menegaskan bahwa apa yang disampaikan Anies dalam debat merupakan hal-hal normatif tentang pertahanan. Dia pun menilai cerdas pertanyaan yang diungkap Anies dalam debat.

“Saya pikir pertanyaan yang cerdas itu bukan pertanyaan yang goblok. Mungkin yang jawab yang nggak bisa, ya. Nggak bisa jawab, itu pertanyaan cerdas. Yang jawab nggak bisa jawab, biarlah publik yang menilai,” tandasnya. 

Sebelumnya, Capres nomor urut 1, Prabowo Subianto memberikan tanggapan menohok terkait dengan kepemilikan lahan ratusan ribu hektar yang disematkannya oleh Anies Baswedan.

Meski tidak menyebutkan nama dari mantan menteri pendidikan tersebut, ia menyinggung soal pihaknya yang baru-baru ini mengungkit soal lahan 340 ribu.

Baca Juga: Soal Ordal Warnai Pengadaan Alutsista, Korupsi dan Nepotisme Diungkit Jubir AMIN

“Aku hanya minta satu sebelum kau panggil aku, aku ingin melihat rakyatku sejahtera, hanya itu. Saudara-saudara ada pula yang nyinggung-nyinggung punya tanah berapa punya tanah ini, dia pinter atau goblok sih?” ujar Prabowo di Gor Remaja, Riau, Selasa (9/1/2024).

Baca Juga: Beredar Spanduk Nyinyiran ke Gibran Jelang Kampanye di Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Sumber wartaekonomi.co.id