Jadwal Buka Puasa Rajab Semarang Hari Ini 16 Januari 2024

Solo – Jadwal buka puasa Rajab menjadi sebuah informasi penting yang perlu diketahui oleh umat Islam. Temukan jadwal buka puasa Rajab di Semarang hari ini pada Selasa, 16 Januari 2024 melalui paparan berikut.

Puasa Rajab termasuk dalam puasa sunnah yang dapat diamalkan oleh umat Islam selama bulan Rajab. Sebagai informasi, berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia 2024 yang diterbitkan oleh Kemenag RI, hari ini 16 Januari 2024 merupakan tanggal 4 Rajab 1445 H.

Dengan mengetahui jadwal buka puasa Rajab, seorang muslim dapat memiliki acuan untuk mempersiapkan diri dalam menyudahi waktu berpuasa pada hari tersebut. Selain itu, melalui jadwal buka puasa Rajab juga dapat menjadi pengingat bahwa waktu sholat maghrib telah tiba.

Agar umat Islam di wilayah Semarang dapat memiliki panduan kapan buka puasa Rajab pada hari ini 16 Januari 2024, berikut detikJateng telah merangkum informasi lengkapnya.

Jadwal Buka Puasa Rajab Semarang

Diketahui bahwa waktu berbuka puasa secara umum dilakukan pada saat berkumandangnya adzan maghrib. Oleh karena itu, untuk mengetahui jadwal buka puasa Rajab, seorang muslim dapat mengacu pada jadwal sholat maghrib.

Mengutip dari situs resmi Bimas Islam Kemenag RI, berikut informasi jadwal buka puasa Rajab hari ini pada Selasa, 16 Januari 2024 untuk wilayah Semarang:

  • Imsak: 04:02 WIB
  • Subuh: 04:12 WIB
  • Terbit: 05:30 WIB
  • Dhuha: 05:59 WIB
  • Zuhur: 11:51 WIB
  • Asar: 15:15 WIB
  • Magrib: 18:05 WIB
  • Isya: 19:20 WIB

Jadwal Sholat Maghrib Semarang

Berdasarkan informasi yang telah dipaparkan sebelumnya, tercantum jadwal sholat maghrib Semarang yang akan berlangsung hari ini pada Selasa, 16 Januari 2024. Berikut jadwal sholat maghrib Semarang 16 Januari 2024:

Maghrib: Pukul 18:05 WIB

Bacaan Doa Buka Puasa

Sebelum mulai berbuka puasa dengan minum maupun menyantap hidangan, hendaknya bagi seorang muslim untuk membaca doa berbuka puasa terlebih dahulu. Sejatinya, doa buka puasa Rajab sama seperti doa buka puasa pada umumnya.

Dikutip dari buku ‘Sukses Dunia Akhirat dengan Doa-doa Harian’ karya Mahmud Asy-Syafrowi bahwa terdapat beberapa bacaan doa buka puasa yang dapat diamalkan oleh seorang muslim. Salah satunya yang telah dikenal secara umum dan sering kali dilantunan umat Islam. Adapun doa yang dimaksud adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

“Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu.”

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu/karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka.”

Namun, ternyata redaksi doa tersebut bukan diambil dari hadits Rasulullah SAW, melainkan rangkaian kalimat doa yang dibuat oleh para ulama. Terdapat doa buka puasa yang diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a., bahwa ketika berbuka puasa Rasulullah SAW mengucapkan:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى

“Dzahabadzh dzhama-u wabtallatil-‘uruqu wa tsabatal-ajru insyaa-allah taala.”

Artinya: “Telah hilang rasa haus, telah basah urat-urat, dan telah pasti ganjaran, dengan kehendak Allah Ta’ala” (HR. Abu Dawud, Daruquthni, Hakim, dan Nasa’i. Daruquthni mengatakan bahwa hadits ini isnad-nya shahih).

Demikin informasi jadwal buka puasa Rajab hari ini 16 Januari 2024 untuk wilayah Semarang.

Simak Video “Siap-siap “War” Tiket Indonesia Vs Argentina Segera Dimulai

(par/cln)

Sumber www.detik.com