Jadwal Imsak Puasa Rajab Solo Hari Ini 17 Januari 2024

Solo

Di bulan Rajab ini, umat Islam dianjurkan untuk menjalankan ibadah puasa sunnah. Namun sebelum mulai menjalankan ibadah tersebut, pastikan detikers sudah memahami jadwal imsak puasa Rajab Solo hari ini 17 Januari 2024.

Mengutip laman resmi Kementerian Agama RI, imsak adalah waktu 10 menit sebelum masuk waktu subuh. Waktu ini sebenarnya adalah jarak waktu antara selesainya santap sahur Nabi Muhammad SAW hingga masuk sholat.

Nah, untuk detikers yang berada di wilayah Solo dan sekitarnya, sebaiknya simak penjelasan mengenai jadwal imsak puasa Rajab berikut ini!

Jadwal Imsak Puasa Rajab Solo 17 Januari 2024

Dilihat detikJateng pada laman resmi Bimas Islam Kemenag RI, berikut waktu imsak dan subuh di Kota Solo:

  • Waktu imsak untuk wilayah kota Solo adalah pukul 03.58 WIB.
  • Waktu subuhnya adalah pukul 04.08 WIB.

Jadi, pastikan detikers tidak melewatkan waktu sahur ya!

Penetapan waktu imsak sebenarnya bertujuan agar kita berhati-hati ketika makan sahur. Kita memang dianjurkan untuk mengakhiri makan dan minum pada waktu imsak, sehingga sudah siap berpuasa pada waktu subuh tiba.

Meskipun begitu, kita juga tetap masih boleh melanjutkan makan sahur secukupnya karena imsak bukan tanda untuk memulai berpuasa.

Bacaan Niat Puasa Rajab

Sudah mengetahui jadwal imsak puasa Rajab untuk wilayah Solo hari ini 17 Januari 2024, bukan? Saat sahur, sebaiknya jangan lupa untuk membaca niat puasa Rajab. Niat ini sebaiknya dibaca pada malam hari atau pada saat sahur dengan dilafalkan.

Berikut ini adalah bacaan niat puasa Rajab yang detikJateng kutip dari buku ‘Dahsyatnya Puasa Wajib & Sunah Rekomendasi Rasulullah’ karya Amirulloh Syarbini dan Sumantri Jamhari (2012).

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبٌ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى
Nawaitu sauma shahri Rajabin sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya:
“Saya niat puasa bulan Rajab, sunnah karena Allah ta’ala.”

Demikian penjelasan mengenai jadwal imsak puasa Rajab Solo hari ini, 17 Januari 2024. Semoga bermanfaat!

Simak Video “Siap-siap “War” Tiket Indonesia Vs Argentina Segera Dimulai

(apl/ams)

Sumber www.detik.com