Bawaslu Jabar Putuskan Hasil Pemeriksaan Ridwan Kamil Hari Ini

Bandung – Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Jawa Barat, Ridwan Kamil dilaporkan ke Bawaslu Jabar atas dugaan pelanggaran pemilu. Bawaslu pun belum memutuskan soal dugaan pelanggaran itu.

Ketua Bawaslu Jabar Zacky M Zam Zam mengatakan, nasib Ridwan Kamil akan diputuskan hari ini, Selasa (6/2/2024). “Hari ini diplenokan,” kata Zacky dikonfirmasi via pesan singkat.

Menurut Zacky, penentuan nasib Ridwan Kamil sudah dibahas sejak kemarin, Senin (5/2/2024) kemarin. “Kemarin sudah pembahasan di Gakkumdu, 3 lembaga, tinggal hari ini rapat pleno,” tambahnya.

Sekedar diketahui, Ridwan Kamil dilaporkan 2 kali ke Bawaslu Jabar oleh PDIP dan Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Indonesia. Ridwan Kamil dilaporkan setelah diduga melakukan politik uang di acara Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Tasikmalaya.

Senin (29/1/2024) lalu, Ridwan Kamil pun memenuhi undangan klarifikasi dari Bawaslu. Ia diberondong 30 pertanyaan atas dugaan politik uang yang telah dilaporkan.

Sementara itu, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jabar Syaiful Bachri mengungkapkan, 30 pertanyaan diberikan kepada Ridwan Kamil dalam proses klarifikasi hari ini.

“Tadi dari Bawaslu menyampaikan kurang lebih 30 pertanyaan yang berkaitan dengan substansi klarifikasi dimana kita menanyakan berkaitan dengan fakta dan kegiatan yang ada di lokasi, dan beliau menyampaikan klarifikasi itu dan sudah menuangkan di berita acara,” ucap Syaiful.

Simak Video “RK Seusai Diklarifikasi Bawaslu Jabar: Tak Ada Substansi Pelanggaran

(wip/sud)

Sumber www.detik.com