BMKG ingatkan masyarakat waspada hujan

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada hujan sedang hingga petir yang akan mengguyur sebagian besar wilayah ibu kota provinsi di Indonesia pada Selasa.

Mengutip laman resmi BMKG di Jakarta, Selasa, (6/2/2024) pagi, wilayah yang diprediksi hujan sedang pada siang hari ini yakni Serang, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Manokwari, dan Makassar.

Sedangkan wilayah Bengkulu, Surabaya, Pangkal Pinang dan Kupang diprakirakan hujan disertai petir pada siang hari ini.

Beberapa wilayah juga diprediksi akan mengalami hujan ringan, di antaranya Jakarta Pusat, Gorontalo, Jambi, Banjarmasin, Samarinda, Bandar Lampung, Ambon, Palembang, dan Medan.

Sementara itu, beberapa wilayah diprediksi akan diselimuti cuaca berawan pada siang hari ini, diantaranya Padang, Kendari, Kota Jayapura, Mataram, Ternate, Tanjung Pinang, dan Palangkaraya.

Beberapa wilayah ibu kota provinsi yang diprakirakan cerah berawan pada siang hari ini yakni Denpasar, Pontianak, Tarakan, Pekanbaru, Mamuju, dan Manado.

Kota Banda Aceh diprediksi cerah pada siang hari ini dengan suhu 23-32 derajat Celsius.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat waspada dan siap siaga terhadap cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi yang masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga Februari 2024.

“Cuaca ekstrem ini dapat terjadi selama periode puncak musim hujan di bulan Januari dan Februari. Potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih memiliki peluang yang tinggi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia,” katanya.

Sedangkan untuk daerah dataran tinggi atau rawan longsor dan banjir, ia meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

Baca juga: BMKG ingatkan warga NTT waspada bencana akibat hujan lebat

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang hingga 4 meter

Baca juga: ASDP tutup sementara tiga rute penyeberangan di NTT akibat cuaca buruk

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG ingatkan masyarakat waspada hujan sedang hingga petir pada Selasa

Pewarta : Lintang Budiyanti Prameswari
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024

Sumber kupang.antaranews.com