[KLARIFIKASI] Video Prabowo Dukung Anies di Pilkada DKI Jakarta 2017 Dinarasikan sebagai Dukungan di Pilpres 2024

KOMPAS.com – Sebuah video di media sosial mengeklaim, calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menyatakan dukungan kepada capres nomor urut 1, Anies Baswedan di Pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Namun, setelah ditelusuri video tersebut tidak benar dan salah konteks.

Narasi yang beredar

Video yang diklaim menampilkan Prabowo menyatakan mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024 muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun TikTok ini (arsip) dan ini (arsip).

Akun tersebut mengunggah video yang menampilkan Prabowo sedang berpidato. Dalam video Prabowo mengajak untuk memenangkan Anies Baswedan.

Video tersebut kemudian diberi keterangan:

MENGEJUTKAN PRABOWO dukung ANIS, PRESIDEN RI 2024

Akun TikTok

Tangkapan layar video yang TikTok yang mengeklaim Prabowo menyatakan mendukung Anies di Pilpres 2024

Penelusuran Kompas.com

Berdasarkan penelusuran Tim Kompas.com, video tersebut identik dengan yang ada di kanal YouTube Kompas TV ini. Video itu diunggah pada tahun 2017.

Dalam keterangannya video itu adalah momen ketika Prabowo meminta para kader Partai Gerindra untuk memenangkan Anies Baswedan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Saat itu Gerindra mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Sementara itu, klip lainnya yang menampilkan Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani identik dengan yang ada di kanal YouTube Kompas TV ini.

Video itu diunggah pada 2019. Dalam video itu Muzani mengatakan bahwa kader Gerindra siap mendukung keputusan Prabowo apakah akan menjadi oposisi atau bergabung dengan pemerintahan. 

Pada akhirnya Prabowo memutuskan bergabung dengan pemerintahan Jokowi dan menjabat sebagai Menteri Pertahanan. 

Kesimpulan

Video yang diklaim menampilkan Prabowo menyatakan mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024 tidak benar dan salah konteks.

Faktanya, video yang beredar merupakan video lama ketika Prabowo meminta para kader memenangkan Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2017. Saat itu Gerindra mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber amp.kompas.com