Media Asing Soroti Peluang Prabowo Menang Pilpres Satu Putaran

CNN Indonesia

Senin, 05 Feb 2024 21:08 WIB



Media asing prediksi peluang besar kemenangan Prabowo Subianto di Pilpres 2024. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN)

Jakarta, CNN Indonesia

Media Asia Nikkei dari Jepang memprediksi peluang besar calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menang Pilpres 2024.

Media tersebut menyebutkan untuk ketiga kalinya Prabowo maju sebagai capres semakin dekat dengan kemenangan di pencalonannya yang ketiga.

“Setelah kekalahan pahit di dua kali pemilihan, menteri pertahanan dan jenderal purnawirawan itu kini berada di posisi teratas dalam kontestasi Pilpres berkat polesan pencitraan publik dan aliansi dengan mantan pesaing (Presiden Joko Widodo),” tulis media tersebut.

Asia Nikkei melaporkan bahwa popularitas Prabowo kian terdongkrak sejak putra Jokowi, Gibran Rakabuming, dipasangkan sebagai cawapres untuk sang mantan Danjen Kopassus tersebut.

Media itu mengutip lembaga survei dari LSI Denny JA bahwa elektabiliyas Prabowo memimpin dengan angka 50,7 persen.

Sementara capres Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo hanya meraih sekitar 20 persen. Dengan demikian, bukan tidak mungkin Prabowo menang Pilpres dalam satu putaran.

“Untuk pertama kalinya survei kami (menunjukkan) bahwa pasangan Prabowo-Gibran melewati angka ajaib 50 persen. Rating tinggi Jokowi memuluskan tiket terkait dengannya, sebuah berkah pemilu,” ujar peneliti LSI Adji Al Faraby seperti dikutip dari Asia Nikkei.

Kepada Asia Nikkei, Faraby menambahkan bahwa rating Jokowi sangat konsisten dalam beberapa bulan terakhir sebesar 80 persen.

Jika Prabowo meraup 50 persen lebih suara pada pemilu, ia dipastikan menang Pilpres 2024 hanya dalam satu putaran.

Tapi jika tak ada satu pun capres yang menang dengan suara 50 persen lebih, pilpres akan dilanjutkan ke putaran kedua pada 26 Juni.

Media itu menyoroti strategi Jokowi dengan memasangkan Gibran sebagai cawapres Prabowo karena ia tak bisa maju lagi sebagai capres/cawapres lantaran sudah dua periode seperti yang diamanatkan Konstitusi.

Dengan demikian, rencana Jokowi untuk melanjutkan programnya di pemerintahan bisa diteruskan oleh Prabowo-Gibran. Salah satu yang paling krusial adalah proyek Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan.

(tim/bac)

Saksikan Video di Bawah Ini:


Sumber www.cnnindonesia.com