Kirab Ganjar-Mahfud di Solo Hari Ini, FX Rudy: Mengantar ke Istana

Solo – Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md menggelar kampanye terakhir di Kota Solo hari ini. Kampanye tersebut akan dimulai dengan kirab dari Ngarsopuro hingga ke Benteng Vastenburg.

Dari pantauan detikJateng, 21 gerobak sapi telah berjejer di Ngarsopuro. Nantinya kendaraan itu yang akan membawa Ganjar-Mahfud.

Ganjar-Mahfud akan melewati rute Jalan Diponegoro atau Ngarsopuro, melintasi Jalan Slamet Riyadi hingga bundaran Gladak menuju ke Jalan Jendral Sudirman dan berhenti sebentar di depan Balai Kota lalu menuju ke Benteng Vastenburg.

Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan, kirab ini sebagai simbolis mengantar Ganjar-Mahfud menuju ke Istana Negara. Apalagi ini juga sebagai kampanye terakhir Ganjar-Mahfud.

“Terakhir ini untuk mengantar Pak Ganjar dan Pak Mahfud ke Istana. Mudah-mudahan berjalan dengan lancar tanpa gangguan apa pun yang penting Solo tetap kandang banteng,” katanya ditemui di Ngarsopuro, Sabtu (10/2/2024).

Dirinya mengatakan, kampanye terakhir diperkirakan akan dihadiri 125 ribu massa. Massa yang bisa masuk ke lokasi hanya yang memakai gelang saja. Sedangkan yang lain, bisa memadati lokasi di sepanjang jalan di sekitaran Benteng Vastenburg.

“Massa 125 ribu itu tempatnya yang nggak muat yang jelas, semua boleh hadir yang penting pakai gelang. Ya nanti bisa di Jalan Jendral Sudirman, Ahmad Dahlan masih bisa,” pungkasnya.

Dirinya juga mengimbau kepada massa yang hadir untuk tidak memakai kendaraan knalpot brong.

“Para peserta tidak boleh pakai knalpot brong. Dilarang karena bising, nggak boleh bising ke masyarakat,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Panitia Her Suprabu mengatakan, acara di Kota Solo akan ada pawai dari Ngarsopuro menuju Benteng Vestenberg melibatkan 21 kereta sapi, yang mana akan dinaiki Ganjar-Mahfud. Mereka akan diiringi drumband dari Keraton, Pasukan Bendera Pataka, rombongan beskap, tiga liong grup dan barongsai. Ada juga barongsai, dan tokoh wayang.

“Mereka akan terus berjalan, di beberapa titik akan ada performance dari beberapa pengisi. Kita juga memasang 14 LED,” kata Suprabu.

Acara utama akan dilaksanakan di Benteng Vestenberg. Setelah itu, Ganjar-Mahfud akan menuju ke Semarang.

Dalam acara itu, panitia menargetkan akan ada 100 ribu lebih simpatisan yang hadir dalam acara tersebut.

“Perjalanan ke Semarang akan ada sedikit konvoi dari Benteng Vastenburg dengan jip, dan 100 vespa menuju pintu tol Klodran,” jelasnya.

Simak Video “Emak-emak di Bogor Menangis saat Ucapkan Janji Menangkan Ganjar-Mahfud

(rih/rih)

Sumber www.detik.com