KPU Mimika distribusi 75 kotak suara ke Distrik Alama

Timika (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mendistribusikan 75 kotak suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke Distrik Alama di daerah ini.

Ketua KPU Kabupaten Mimika Dete Abugau melalui pesan singkat di Timika, Sabtu, mengatakan pada 10 Februari 2024, pihak melakukan distribusi perdana ke Distrik Alama yang berada di wilayah pegunungan.

“Hari ini Distrik Alama jadi lokasi pertama kami melakukan distribusi logistik Pemilu 2024, ada 75 kotak yang didistribusikan ke sana,” katanya.

Menurut Dete, Distrik Alama merupakan salah satu dari enam distrik yang ada pada wilayah pegunungan Kabupaten Mimika.

“Untuk distribusi logistik ke wilayah pegunungan menggunakan transportasi udara karena kondisi geografis hanya dapat dijangkau dengan pesawat,” ujarnya.

Dia menjelaskan ada sebanyak 15 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Distrik Alama, sehingga 75 kotak suara yang hari ini dikirim ke distrik itu.

“Jadi 75 kotak suara ini khusus untuk 15 TPS di Distrik Alama, sedangkan distrik lain akan menyusul dilakukan pendistribusian logistik pemilu,” katanya lagi.

Dia menambahkan distribusi logistik
awal diprioritaskan ke wilayah pegunungan dan pesisir, mengingat faktor cuaca yang dapat berubah-ubah setiap saat.

“Kami mendistribusikan logistik ke wilayah yang jauh dari perkotaan yakni pegunungan terlebih dahulu, kemudian pesisir dan kota,” ujarnya lagi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPU Mimika distribusikan 75 kotak suara ke Distrik Alama

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024

Sumber papua.antaranews.com