140 wisawatan kunjungan Medan Zoo di Hari Raya Imlek 2575 Kongzili

Medan (ANTARA) – Sebanyak 140 wisatawan lebih, baik dari dalam maupun luar ibu kota Provinsi Sumatera Utara mengunjungi Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo pada Hari Raya Imlek 2574 Kongzili/2024 Masehi.

‘”Tiket yang terjual ada sekitar 140 orang lebih tadi,” ujar petugas tiket masuk Medan Zoo Nurhaida di Medan, Sabtu.

Dia mengatakan harga tiket masuk pada Hari Imlek sekaligus libur panjang pekan ini Rp20.000 per orang, baik anak-anak maupun dewasa.

Namun, bila hari biasa para pengunjung Medan Zoo dengan jam buka mulai dari pukul 09.30 hingga 16.30 WIB memperoleh tiket masuk seharga Rp15.000 per orang.

Medan Zoo di Jalan Bunga Rampai IV, Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan pada Januari 2024 tercatat memiliki koleksi sekitar 110 satwa terdiri atas mamalia, reptil, dan aves.

Seorang pengujung Medan Zoo yang membawa keluarganya ke tempat itu, M Butar-butar (65), mengatakan satwa-satwa di kebun binatang itu terlihat kurang terawat akibat krisis finansial.

“Pemerintah harus perhatikan betul-betul. Bagaimana kemampuan petugas di sini, kalau anggarannya kurang? Kalau di dalam saya lihat perawatan kurang, banyak yang lapar,” katanya.

Baca juga: Ketua DPRD Sumut minta pemerintah fokus benahi Medan Zoo

Pelaksana Tugas Dirut PUD Pembangunan selaku pengelola Medan Zoo Bambang Hendarto mengaku dalam beberapa tahun terakhir pihaknya mengalami krisis finansial mengelola taman margasatwa ini.

Tercatat empat ekor harimau mati dalam empat bulan terakhir di Medan Zoo, masing-masing dua ekor harimau Sumatra bernama Erha pada 3 November 2023 dan Nurhaliza pada 31 Desember 2023.

Selain itu, dua ekor harimau Benggala dengan nama Avatar ditemukan mati dikandang pada 3 Desember 2023 dan Wesa berusia sekitar 19 tahun pada 22 Januari 2024.

“Kalau pengunjung, itulah kondisi realita hari ini. Bagaimana kita bisa berkembang, dan bagaimana kita bisa bersaing,” ucapnya.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan renovasi berbagai fasilitas akan dilakukan dengan menutup Kebun Binatang Medan mulai Februari 2024.

“Akan kita tutup untuk kita renovasi. Selama masa renovasi hewannya ke mana? Hewannya ditaruh di mana? Siapa yang ngurus? Nah ini akan kita jelaskan. Kan saya bilang begitu. Rencananya tahun ini. Mudah-mudahan bulan kedua,” katanya, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Medan Zoo sebut pakan 155 satwa masih dibantu PKBSI
Baca juga: Pemkot diminta serius benahi “Medan Zoo” usai empat harimau mati
Baca juga: KLHK diminta evaluasi Medan Zoo terkait kematian empat ekor harimau

Sumber m.antaranews.com