Ganjar Apresiasi Jokowi Tak Kampanye: Terima Kasih Kekuatan Civil Society

Liputan6.com, Jakarta – Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo mengapresiasi sikap Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang sampai akhir masa kampanye tidak memposisikan diri untuk secara langsung terlibat dalam kampanye salah satu paslon Pilpres 2024.

“Terima kasih Pak Jokowi karena sampai dengan titik terakhir beliau tidak memgambil kesempatan itu (kampanye),” tutur Ganjar di Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024).

Menurut Ganjar, sikap Jokowi tersebut menunjukkan kepemimpinan yang masih mau mendengarkan rakyat, apalagi suara para akademisi dan cendikiawan.

“Dan terima kasih juga kepada civil society kampus yang sudah mengingatkan, artinya kita masih bisa mendengarkan,” kata Ganjar.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan dirinya tak akan ikut berkampanye pada Pemilu maupun Pilpres 2024.

Hal ini disampaikan Jokowi menjawab kabar yang menyebutkan dirinya akan ikut kampanye akbar terakhir pada 10 Februari 2024.

Dia menuturkan presiden memang diperbolehkan kampanye dan memihak sesuai Undang-Undang Nomor Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. Namun, Jokowi tak menggunakan kesempatan untuk kampanye.

“Yang bilang (akan ikut kampanye) siapa? Ini saya ingin menegaskan kembali pernyataan saya sebelumnya bahwa presiden memang diperbolehkan undang-undang untuk kampanye dan juga sudah pernah saya tunjukkan bunyi aturannya,” kata Jokowi di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Rabu (6/2/2024).

“Tapi jika pertanyaannya apakah saya akan kampanye, saya jawab tidak. Saya tidak akan berkampanye,” sambung Jokowi.

Sumber www.liputan6.com