(Hoaks) Cak Imin Berpidato Dukung Gibran di Pilpres 2024

Ruteng, Ekorantt.com – Sebuah penggalan video pidato calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang memuji Gibran Rakabuming Raka viral di media sosial.

Diketahui, saat ini Gibran Rakabuming Raka yang adalah putra sulung Presiden Joko Widodo menjadi cawapres nomor urut 2 yang berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Pemilik akun TikTok @Sonifernando79 (Soni Fernando) mengunggah potongan video Cak Imin yang tampak mengenakan baju hijau khas seragam Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dia sedang berpidato di podium.

“Kita nggak punya acara seperti ini sukses tanpa kehadiran pemimpin masa depan Mas Gibran,” ujar Cak Imin yang adalah Ketua Umum PKB itu dalam potongan video yang diunggah pemilik akun TikTok @Sonifernando79.

Dalam video tersebut ia menulis “KALI INI CAK IMIN SALAH UCAP DUKUNG MAS GIBRAN”.

Meski dalam unggahan ini tak secara detail mendukung Gibran Rakabuming Raka, namun tak sedikit warganet yang mengaitkannya dengan pilpres 2024.

“Ternyata Cak Imin nyoblos nomor 2,” tulis pemilik akun TikTok ‘EMI SUPPRIYANI’ di kolom komentar.

Tangkapan layar unggahan pemilik akun TikTok @Sonifernando79

“Ini sih serius cak Imin sebenarnya dukung no 2,” komentar pemilik akun ‘Leny Denta’. [Klik di sini unggahannya]

Ekora NTT kemudian melakukan penelusuran fakta atas video Cak Imin yang sudah viral tersebut. Detiknews melaporkan pidato Cak Imin itu berlangsung saat peringatan hari lahir atau harlah ke-25 PKB di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah pada Minggu, 23 Juli 2023 lalu.

Saat itu, Cak Imin menilai Gibran yang sedang menjabat sebagai Wali Kota Surakarta adalah sosok pemimpin masa depan.

“Hadirin, hadirat, sekalian yang saya cintai dan saya banggakan kader-kader hebat PKB yang hadir. Pertama, marilah kita semua… oh lupa, kita nggak punya acara seperti ini sukses tanpa kehadiran pemimpin masa depan Mas Gibran,” kata Cak Imin.

Konteks pujian dan terima kasih Cak Imin karena Gibran sebagai Wali Kota Surakarta telah memberikan izin penggunaan Stadion Manahan untuk tempat perayaan HUT PKB ke-25. Cak Imin bahkan menyebut Gibran adalah wali kota yang populer di dunia. [Klik di sini artikelnya]

Tidak berhenti di situ saja penelusuran fakta atas video tersebut. Akun YouTube Kompas TV juga menayangkan pidato Cak Imin saat harlah ke-25 PKB di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah di bawah judul “[FULL] Pidato Cak Imin di Harlah ke-25 PKB, Singgung Surya Paloh Hingga Perintah untuk Kader”.

Dalam pidatonya, Cak Imin tak sekalipun memuji Gibran sebagai cawapres nomor urut 2.

Berdasarkan fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa unggahan pemilik akun TikTok @Sonifernando79 adalah bohong alias hoaks.

Sebab, pujian Cak Imin kepada Gibran karena telah memberikan izin penggunaan Stadion Manahan untuk perayaan harlah PKB yang ke-25.

Pujiannya itu bukan dalam konteks pilpres 2024. Apalagi nama Gibran Rakabuming Raka baru diumumkan secara resmi untuk menjadi cawapres Prabowo Subianto pada Minggu, 22 Oktober 2023 malam. Sementara pidato Cak Imin berlangsung saat perayaan harlah ke-25 PKB di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah pada Minggu, 23 Juli 2023.


Sumber ekorantt.com