Ketua TPN Ungkap Kegiatan Selama Masa Tenang Jelang Pilpres 2024

Jakarta

Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, mengungkap kegiatan yang akan dilakukan di masa tenang. Arsjad mengatakan pihaknya tetap akan bekerja dengan mengawal pemungutan hingga penghitungan suara.

“Terus dong kerjanya, kerjanya kerja terus. Tenangnya ya tenang di luar, tapi kita harus kerja terus. Walau bagaimanapun, sampai titik terakhir di TPS,” kata Arjad di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024).

Arsjad memastikan pihaknya akan menjaga TPS-TPS yang ada. Arsjad juga meminta masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya di 14 Februari 2024.

“Di TPS pun kita harus jaga, bagaimana kita selalu memastikan saksi-saksi hadir di setiap TPS, bagaimana kita juga mengharapkan relawan-relawan hadir di sana,” ujarnya.

“Karena bukan apa-apa, ini yang harus kita jaga adalah TPS, kami mengharapkan semua pada TPS pada tanggal 14 Februari nanti pastikan mencoblos, jangan sampai tidak mencoblos. Sayang suara kita itu hak kita, pastikan hak kita untuk didengar,” sambungnya.

Dia menuturkan saksi-saksi telah disiapkan untuk mengawal TPS. Selain itu, dia juga mengajak para relawan untuk turut serta mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara.

“Jumlahnya (saksi) itu sekarang ini kurang lebih 800 ribu lebih, berarti kalau kita ngomong saksi aja udah 800 ribu orang. Ini kalau kita bicara dua saksi TPS butuh 1,6 juta,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Arsjad menyerahkan sepenuhnya kepada KPU sebagai lembaga penyelenggara Pemilu terkait Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap). Menurutnya, KPU akan bersikap netral dalam proses Pemilu.

“Kami percayakan semua pada KPU. Kami percaya bahwa KPU itu menjalankan secara profesional, dan KPU akan memegang sumpah-sumpah yang sudah diberikan, bagaimana memastikan pesta demokrasi ini. Dan KPU itu adalah bagian yang harus memastikan bahwa ini berjalan dengan baik,” tuturnya.

Diketahui, masa kampanye Pemilu 2024 akan segera berakhir. Masa kampanye dimulai sejak 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

Sementara itu masa tenang dimulai 11-13 Februari 2024. Pemungutan dan penghitungan suara akan digelar 14 Februari 2024.

(amw/maa)

Sumber news.detik.com