KPU Surakarta: Distribusi logistik pemilu PPK ke PPS mulai dilakukan

Solo (ANTARA) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta, Bambang Christanto menyatakan kegiatan pendistribusian logistik kotak suara Pemilu 2024 dari lima Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 54 kelurahan yang tersebar di Solo, Jawa Tengah mulai hari ini, Minggu.

Ketua KPU Kota Surakarta Bambang Christanto mengatakan pendistribusian logistik pemilu yang tersimpan di tiga gudang dimulai dari KPU kepada lima PPK di lima kecamatan pada tanggal 9 Februari, kemudian kini dilanjutkan dikirim ke-54 kelurahan yang tersebar di Kota Solo.

Menurut Bambang Christanto pendistribusian logistik kotak suara pemilu dari lima PPK, yang tersimpan di tiga gudang KPU Surakarta, yakni di Ndalem Joyokusuman Serengan, gudang Jalan Jageran Nomor 18 Banjasari dan gudang KPU Jalan Kahuripan Utara Nomor 23 Sumber Banjasari Solo, yang kini didorong ke PPS yang tersebar di 54 kelurahan di Solo, dengan dikawal pengamanan ketat.

Dia mengatakan pendistribusian logistik Pemilu dari PPK kepada PPS dilaksanakan mulai hari ini, hingga Senin (12/2). Logistik pemilu baru digeser ke setiap tempat pemungutan suara (TPS) di Solo, ada sebanyak 1.773 titik termasuk tiga lokasi khusus rumah sakit dan rutan, pada H-1 Pemilu atau tanggal 13 Februari mendatang.

“Pendistribusian kotak suara Pemilu didorong ke-54 kelurahan atau PPS dimulai tanggal 11 hingga 12 Februari dan nanti tanggal H-1 Pemilu atau tanggal 13 Februari, yakni kotak, bilik, dan alat pemilu selengkapnya sudah didorong ke 1.773 TPS termasuk ke-tiga lokasi khusus,” katanya.

Pada pendistribusian logistik Pemilu dari KPU ke PPK sebelumnya sudah dilakukan di Gudang KPU Surakarta, pada tanggal 9 Februari, dengan disaksikan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), dari Polresta Surakarta, Kodim 0735, Bawaslu, Kejaksaan, Dinas Perhubungan, Dinkesbangpol Surakarta dan camat serta lurah setempat.

Menurut dia, kini pendistribusian logistik dari PPK ke PPS juga mengundang beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), dari kepolisian, Kodim 0735, Bawaslu, Kejaksaan, Dinas Perhubungan, dan Diskesbangpol. Pendistribusian kotak suara Pemilu ditargetkan dalam dua hari bisa selesai dan sampai ke-54 kelurahan dan pada tanggal 13 Februari sudah diterima di masing-masing TPS.

“Jadi PPK tadi berkoordinasi aparat keamanan dan dengan Paswascam masing-masing wilayahnya untuk menyaksikan pendorongan logistik pemilu ke masing-masing PPS di 54 kelurahan di Solo. Kami menargetkan logistik pemilu sudah terdistribusi ke 54 kelurahan dan kemudian PPS di kelurahan mendorong ke 1.773 TPS pada tanggal 13 Februari,” katanya.

Pada kegiatan pendistribusian logistik Pemilu juga dikawal oleh kepolisian, Bawaslu, Pawascam serta KPU bekerja sama dengan PT POS sebagai mengirimkan logistik dengan mobil boks bersama tenaga angkutnya.

Kendati demikian, KPU Surakarta berharap Pemilu 2024 di Solo Jateng, berjalan baik dan lancar. Setiap tahapan Pemilu 2024, semua prosesnya dimonitoring oleh Bawaslu dengan pengawasan dari aparat keamanan baik dari TNI maupun Polri.

Sementara itu, jumlah kebutuhan surat suara di Kota Surakarta sebanyak 439.009 lembar ditambah dua persen atau 9.647 lembar sehingga totalnya 448.656 lembar. Jumlah warga yang masuk daftar pemilih tetap pada Pemilu 2024 tercatat 439.009 orang.

Baca juga: Budayawan ajak masyarakat sambut pemilu dengan gembira

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024

Sumber jateng.antaranews.com