Ribuan Petugas Dikerahkan Turunkan APK di Pekanbaru, Bawaslu Siaga Jaga Masa Tenang

Pekanbaru, Cekricek.id – Memasuki masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Bawaslu Kota Pekanbaru mengerahkan 2.756 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK). Mereka diperintahkan untuk memastikan seluruh APK diturunkan pada 13 Februari 2024 atau H-1 sebelum hari pemungutan suara.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru, Ferdy, saat memimpin apel kesiapsiagaan di Halaman Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru pada Minggu (11/2/2024). Dalam apel tersebut, ia mengarahkan para PTPS untuk menjaga ketertiban dan menyampaikan imbauan kepada masyarakat mengenai kesiapan Bawaslu mengawasi pesta demokrasi.

“Insya Allah 2.756 orang yang hadir akan menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa Bawaslu Kota Pekanbaru siap untuk mengawasi pesta demokrasi 2024,” ujarnya.

Ferdy menjelaskan bahwa Bawaslu akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru dalam melakukan penertiban APK.

Hal ini dilakukan untuk memastikan efektivitas penurunan APK yang berada di tempat tinggi seperti baliho dan billboard.

“Billboard itukan di Bapenda ya. Jadi nanti Dishub dan Bapenda akan membantu kita menurunkan. Karena billboard itukan cukup tinggi. Jadi tidak bisa dilakukan sendiri oleh PTPS atau Bawaslu itu sendiri,” ucapnya.

Bawaslu Kota Pekanbaru menargetkan seluruh APK sudah ditertibkan di seluruh wilayah Kota Pekanbaru pada 13 Februari 2024. Untuk memulainya, mereka akan turunkan APK di jalan protokol secara simbolis pada hari ini.

“Selanjutnya akan diteruskan sampai ke tingkat kecamatan, kelurahan, hingga di sekitar TPS,” imbuh Ferdy.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Asisten III Setdako Pekanbaru, Samto, juga menyatakan siap mendukung upaya yang dilakukan Bawaslu. Pemko sendiri akan mengerahkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Bapenda, dan Dishub untuk membantu membersihkan APK di H-1 nanti.

“Kita juga melalui Satpol PP seperti yang disampaikan Pak Ketua Bawaslu tadi, kemudian melalui Bapenda juga, kemudian Dishub juga senantiasa akan berkolaborasi dalam rangka membersihkan APK sesuai dengan ketentuan di H-1,” paparnya.

Baca Berita Riau Hari Ini setiap hari di Channel Cekricek.id.


Sumber cekricek.id