Serukan Pilpres Satu Putaran, Megawati: Sanggup?

Harianjogja.com, SOLO—Para pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud Md diminta untuk memenangkan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 03, lewat satu putaran dalam ajang Pilpres 2024.

“Satu putaran, semua angkat tangan! Satu putaran. Sanggup? Sanggup? Sanggup?” kata Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri saat Hajatan Rakyat di Benteng Vastenburg, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024).

Ia menuturkan apabila Ganjar-Mahfud menang satu putaran maka akan ada pesta besar. Namun, putri Proklamator RI Bung Karno itu mewanti-wanti agar tidak dibohongi.

Megawati tidak ingin Ganjar-Mahfud kalah di Surakarta yang notabene dikenal sebagai “Kandang Banteng” alias basis pendukung PDIP.

“Kalau nanti Ibu dengar, Surakarta kok kalah ya, terus piye, terus piye, terus piye, terus piye, benar? Janji? Nanti Ibu datang lagi loh,” ucapnya.

Selain itu, Megawati juga meminta warga Surakarta tidak takut diintimidasi dan tergoda karena diguyur bantuan sosial (bansos).

Dia ingin para relawan dan kader partai pendukung tetap setia memenangkan Ganjar-Mahfud.

“Jadi pilih pemimpin yang mengayomi kalian, bukan mengintimidasi, bukan lalu membuat kecurangan. Tolong dijaga ya!” pungkas Megawati.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Sumber : Antara

Sumber pemilu2024.harianjogja.com