Film Dokumenter Dirty Vote Jadi Trending Topik Twitter Hari Ini

Jakarta: Film dokumenter berjudul ‘Dirty Vote’ yang rilis hari ini ramai menjadi perbincangan netizen. Bahkan kini terpantau menjadi trending topik Indonesia.
 
Dirty Vote adalah film dokumenter yang mengungkap kecurangan pemilu resmi rilis hari ini, Minggu, 11 Februari 2024. Film berdurasi selama 1 jam 57 detik tersebut disutradarai oleh Dandhy Dwi Laksono yang merupakan sutradara dari film fenomenal Sexy Killers yang menceritakan tentang oligarki yang telah menggerogoti sistem demokrasi di Indonesia.
 
Sang sutradara berujar kalau film ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat di masa tenang pemilu yang berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 11 Februari hingga 13 Februari 2024.
“Ada saatnya kita menjadi pendukung capres-cawapres, tapi, hari ini, saya ingin mengajak setiap orang untuk menonton film ini sebagai warga negara,” ujar sutradara Dirty Vote, Dandhy Dwi Laksono.
 
Film dokumenter ini melibatkan tiga (3) ahli hukum ternama, antara lain Bivitri Susanti, Zainal Arifin Mochtar, dan Feri Amsari. 
 
Bivitri mengatakan secara umum film Dirty Vote merupakan sebuah rekaman sejarah perihal rusaknya demokrasi di Indonesia. Menurutnya, Dirty Vote bercerita tentang dua hal.
 
“Pertama, tentang demokrasi yang tak bisa dimaknai sebatas terlaksananya pemilu, tapi bagaimana pemilu berlangsung. Bukan hanya hasil penghitungan suara, tetapi apakah keseluruhan proses pemilu dilaksanakan dengan adil dan sesuai nilai-nilai konstitusi,” ujar Bivitri.
 
“Kedua, tentang kekuasaan yang disalahgunakan karena nepotisme yang haram hukumnya dalam negara hukum yang demokratis,” sambungnya. 
 

Dandhy mengungkapkan kalau film ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat di masa tenang pemilu yang berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 11 Februari hingga 13 Februari 2024.
 
“Ada saatnya kita menjadi pendukung capres-cawapres, tapi, hari ini, saya ingin mengajak setiap orang untuk menonton film ini sebagai warga negara,” ujar Dandhy.

Dirty Vote Trending Topik Twitter

Berdasarkan pantauan Medcom.id pukul 19.15 WIB cuitan tentang Dirty Vote ini sudah tembus ratusan ribu. Tepatnya 113 ribu postingan terkait film dokumenter ini.
 
Berikut ini komentar netizen yang sudah menyaksikan film dokumenter Dirty Vote:
 
“Closingnya Mbak Bibip di Dirty Vote sangat jelas: untuk menyusun dan menjalankan skenario kotor seperti ini tidak perlu kepintaran dan kecerdasan, yg diperlukan cuma 2: mental culas dan tahan malu. LOUD AND CLEAR!!!!!!,” tulis salah satu netizen.
 
“Seperti yang disampaikan 3 ahli tata negara dalam film dokumenter Dirty Vote. Desain kecurangan ini tidak muncul semalam tapi sudah lama, terstruktur dan sistematis. Dimulai dari penunjukkan PJ Gubernur dan Walikota yang menurut Ombudsman RI dinilai maladministrasi,” timpal netizen lain. 
 
“Bagi Anda yang telah memutuskan untuk memilih, baiknya tonton film ini sebelum ke TPS pada 14 Februari. Film ini penting, mempertatuhkan nasib kita, bangsa dan negara ke depan,” komentar salah satu akun.
 
Dirty Vote sendiri ditayangkan di platform Youtube. Sobat Medcom.id yang penasaran dengan film dokumenter ini bisa mengakses Dirty Vote di kanal YouTube Dirty Vote atau klik di sini.
 

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(RUL)


Sumber www.medcom.id