Ajudan Kapolresta Solo Seorang Kolektor Motor Klasik

5 bulan lalu 47
Ajudan Kapolresta Solo Seorang Kolektor Motor Klasik (Ist/Viral Google News)

Suara.com - Ajudan Kapolresta Solo Komisaris Besar Ade Safri Simanjuntak, Briptu Muhammad Faris Abid, memiliki hobi mengoleksi sepeda motor klasik. Jumlah koleksinya sekarang mencapai 30 unit.

Dalam wawancara dengan jurnalis Solopos.com, Kamis (5/5/2021), kesukaan Faris pada dunia sepeda motor tua sudah sejak dia masih duduk di sekolah menengah kejuruan.

“Pertama kali mainan Vespa Super tahun 1974. Setelah jadi polisi ya bisa menabung saya bisa beli sepeda motor antik satu per satu,” kata dia.

Puluhan sepeda motor koleksi Faris terdiri dari berbagai merek, di antaranya DKW Hummel 1961 keluaran Jerman, Spartan 125 CC keluaran Belanda, BSA M20 tahun 1941 keluaran Inggris.

Solo merupakan salah satu kota yang terdapat banyak bengkel untuk sepeda motor tua. Kota ini juga memiliki banyak komunitas.

“Kalau mogok ya hal biasa, wajar motor tua. Tapi di Solo bengkel banyak yang bisa mengerjakan. Spare part pun juga ada,” kata dia.

Dia berbagi tips, pecinta sepeda motor antik mestilah bergaul dengan pecinta motor yang lain supaya mendapatkan referensi. Yang penting lagi, pecinta motor antik harus tetap mematuhi peraturan lalu lintas.

Sebagian sepeda motor ia jual ke pecinta sepeda motor klasik yang biasanya anggota komunitas.

Warga Nusukan, Banjarsari, itu sehari-hari berangkat dinas dengan menunggangi sepeda motor klasik.

Baca Selengkapnya