Apa Perbedaan TV Analog dan Digital yang Akan Proses Migrasi?

5 bulan lalu 47
Apa Perbedaan TV Analog dan Digital yang Akan Proses Migrasi? (Ist/Viral Google News)

Suara.com - Pemerintah secara bertahap akan menghentikan siaran TV analog dan melakukan migrasi menuju siaran tv digital. Apa perbedaan tv analog dan digital yang akan migrasi ini?

Siaran tv analog akan diberhentikan mulai pada 17 Agustus 2021 mendatang dan sepenuhnya dilakukan pada 2 November 2021. Terkait apa perbedaan tv analog dan digital akan dijelaskan dalam tulisan ini.

Nah, masyarakat harus segera migrasi TV digital yang dapat dilakukan dengan memasang Set Top Box (STB) untuk TV lama maupun mengganti dengan TV digital dengan model terbaru. Berikut perbedaan tv analog dan tv digital.

1.     Sinyal yang dipancarkan

Perbedaan tv analog dan tv digital adalah sinyal yang dipancarkan dari kedua siaran tersebut. TV analog hanya dibatasi dengan hanya sinyal analog sedangkan TV digital dapat memproses sinyal digital dan analog sekaligus.

Sinyal TV analog mirip dengan sinyal radio. Pada TV analog, sinyal video ditransmisikan dalam AM, sedangkan audio ditransmisikan dalam FM. Sinyal dapat mengalami gangguan tergantung pada jarak dan lokasi geografis TV yang menerima sinyal. Sedangkan untuk TV digital ditransmisikan sebagai bit data informasi seperti data pada CD atau DVD.

2.     Kualitas gambar yang dihasilkan

Kualitas gambar menjadi perbedaan antara TV analog dan TV digital. Kualitas TV digital dipengaruhi pada jarak pemancar sedangkan TV digital tidak terpengaruh dengan jarak pemancar. Disamping itu, TV analog menggunakan tabung sinar katoda sebagai tampilannya, sedangkan TV digital menggunakan layar panel datar seperti LCD, plasma, atau LED. TV digital juga memiliki kualitas gambar tinggi hingga 720p/ 1080p ata kualitas High Definition (HD).

3.     Ukuran layar TV

Baca Selengkapnya