Menghadirkan Berita Viral dan Trending Topik Terkini

Apakah Daging Kurban Dapat Menularkan Virus Corona?

0

Dalam dua hari kedepan, umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha yang disebut juga Hari Raya Kurban, karena pada 4 hari dimulai hari pertama Hari Raya tanggal 10 hingga terakhir hari tasyrik 13 Zulhijjah, umat Islam yang mampu dianjurkan untuk melaksanakan Ibadah Kurban.

Lalu, Apakah Daging Kurban Dapat Menularkan Virus Corona?

Dikutip dari kompas.com, Ahli biologi molekuler Indonesia Ahmad Utomo mengatakan, sejauh ini belum ada bukti penularan Covid-19 dari sentuhan daging kurban, hanya saja menurutnya kerumanan saat proses dan pembagian kurbanlah yang rentan terhadap penyebaran covid-19.

“Sebenarnya belum ada bukti konkrit penularan dari sentuhan dagingnya, namun yang perlu diantisipasi adalah munculnya kerumunan orang sejak proses penyembelihan, pemotongan hingga distribusi,” kata Ahmad, Jumat (16//2021).

Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam menegaskan kurban pada Hari Raya Idul Adha tidak bisa diganti dengan uang.

“Ibadah kurban tidak dapat diganti dengan uang atau barang lain yang senilai, meski ada hajat dan kemaslahatan yang dituju. Apabila hal itu dilakukan, maka dihukumi sebagai shadaqah,” kata Asrorun dalam keterangan tertulis, Jumat (16/7).

Tinggalkan Balasan