Jadwal Puasa Tarawiyah dan Arafah Bulan Dzulhijjah

Sebentar lagi kita memasuki bulan Dzulhijjah, dimana dianjurkan untuk memperbanyak amalan, terutama anjuran untuk melaksanakan puasa di sembilan hari sebelum Idul Adha.

Puasa Dzulhijjah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 7 bulan Dzulhijjah.

Sebelum merayakan Hari Raya Kurban pada tanggal 10 setiap bulan Dzulhijjah, kita disunahkan menjalankan puasa dzulhijah, puasa tarwiyah dan puasa arafah.

Hari Raya Idul Adha pada tahun ini sendiri jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021 yang berarti 1 Dzulhijjah akan hadir pada besok hari, Ahad 11 Juli 2021.

Sementara puasa Tarwiyah berarti akan dilaksanakan pada 8 Dzulhijjah atau 18 Juli 2021 dan puasa Arafah dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah atau satu hari sebelum Idul Adha, tepatnya 19 Juli 2021.

Adapun niat puasa di Bulan Dzulhijjah sebagai berikut

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala.”

Niat Puasa Tarawiyah

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Artinya: “Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala.”

Niat Puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Artinya: “Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta’ala.”

Keutamaan berpuasa di hari Arafah sendiri memiliki keutamaan sebagai penebus dosa-dosa ditahun sebelumnya dan setahun sesudahnya, sesuai hadits Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam.

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Share on twitter
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan