Karier Gemilang Valentino Rossi di MotoGP: 26 Tahun, 9 Gelar Juara Dunia

5 bulan lalu 46
Karier Gemilang Valentino Rossi di MotoGP: 26 Tahun, 9 Gelar Juara Dunia (Ist/Viral Google News)

Suara.com - Pebalap Valentino Rossi pensiun dari MotoGP. Berikut perjalanan karier gemilang rider legendaris asal Italia yang bakal gantung helm di akhir MotoGP 2021.

Valentino Rossi mengumumkan keputusan pensiun di akhir MotoGP 2021 dalam konferensi pers jelang MotoGP Styria pada Kamis (5/8/2021), sebagaimana dilansir Crash.

Rider 42 tahun itu mengungkapkan bahwa memutuskan pensiun adalah tindakan yang sulit baginya. Meninggalkan olahraga yang sangat dicintainya itu membuatnya merasa sedih.

"Ini momen yang menyedihkan," kata Valentino Rossi dalam konferensi pers jelang MotoGP Styria seperti dikutip dari Crash, Kamis (5/8/2021).

"Karena sulit untuk mengatakan dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan balapan dengan motor lagi," tambahnya.

Keputusan Valentino Rossi pensiun sejatinya bukan berita yang mengejutkan. Dalam beberapa tahun terakhir, pamor sembilan kali juara dunia itu di ajang MotoGP memang terus memudar.

Kali terakhir rider Italia itu mampu bersaing memperebutkan gelar adalah saat menjadi runner-up MotoGP 2015 di mana rekan setimnya, Jorge Lorenzo keluar sebagai kampiun.

Pada MotoGP 2016, Valentino Rossi memang kembali finsi sebagai runner-up di belakang Marc Marquez, tetapi dia cuma meraih dua podium kemenangan sepanjang musim.

Perjalanan karier Valentino Rossi (1996-2021)

Baca Selengkapnya