31 menit yang lalu

Komodo

Dua orang turis dari manca negara memperhatikan seekor komodo di Pulau Rinca, yang merupakan bagian Taman Nasional Komodo di NTT, 30 Mei 2019.

"Ketika pemerintah menjadikan ini kawasan strategis pariwisata nasional, dengan memasukkan bisnis di dalam bentang alami, maka komodo akan semain rentan terhadap climate crisis (krisis iklim)," kata seorang pegiat lingkungan.

Pemerintah Indonesia mengeklaim pembangunan di Pulau Rinca (foto atas) tidak menimbulkan atau mengakibatkan dampak negatif terhadap Outstanding Universal Value (OUV) Situs Warisan Alam Dunia Taman Nasional Komodo.

Pemerintah Indonesia mengaku proyek di Pulau Rinca tidak akan menganggu populasi komodo dan sumber pakan (rusa, kerbau, babi hutan), ekosistem savana, hingga hutan mangrove.

"[Dengan pembangunan infrastruktur berupa dek di atas] turis akan jalan di atas, sehingga pengunjung tidak bersentuhan langsung dengan komodo," ujar seorang pejabat terkait.

Salah-satu sudut Pulau Rinca yang merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo.

Komodo adalah binatang purba yang mampu bertahan dari evolusi panjang. Mereka hanya mampu bertahan di sejumlah pulau di TNK.

Baca Selengkapnya