MA Kabulkan Gugatan Eks Bupati Bantul soal Dana Hibah Persiba Rp 11,6 M

1 minggu lalu 4
MA Kabulkan Gugatan Eks Bupati Bantul soal Dana Hibah Persiba Rp 11,6 M (Ist/detik.com)

Bantul -

Mahkamah Agung (MA) mengabulkan gugatan eks Bupati Bantul Idham Samawi terkait pengembalian dana hibah Persiba sebesar Rp 11,6 miliar ke kas daerah pada tahun 2014. Namun tidak dijelaskan oleh MA maksud kabul tersebut.

Dikutip detikcom dari situs MA, perkara dengan nomor register 3397 K/PDT/2021 itu diputus kabul. Dalam putusan itu disebutkan pemohon yakni Mohammad Idham Samawi dengan termohon Bupati Kabupaten Bantul.

Duduk sebagai ketua majelis hakim yakni H Hamdi, dengan anggota Rahmi Mulyati, dan Ibrahim. Perkara dengan nomor register 3397/K/PDT/2021 ini diputus tanggal 23 November lalu.

Terkait putusan ini, Bupati Bantul Abdul Halim belum mau berkomentar. Dia mengaku belum menerima salinan putusan tersebut.

"Saya belum bisa banyak komentar, lha nek salinane keputusan urung oleh (lha kalau salinan keputusan belum dapat), kemudian isinya apa saja kan belum bisa berkomentar," kata Halim kepada wartawan di Bantul, Kamis (25/11/2021).

Terpisah, kuasa hukum dari Pemkab Bantul, Iswadi, menjelaskan salinan resmi putusan kasasi dari MA itu belum diterima. Pihaknya pun belum bisa memberikan gambaran langkah yang akan diambil Pemkab Bantul.

"Yang jelas nantinya amar putusan dari Mahkamah Agung (dalam bentuk fisik atau suratnya) akan dikirim ke Biro Hukum Pemda DIY, kemudian ke Pemda Bantul," kata Iswadi.

Dia menerangkan pihaknya akan mempelajari lebih dulu soal materi putusan kasasi tersebut.

"Yang jelas saya sudah komunikasi dengan Bupati Bantul, Pak Halim yang juga mengatakan belum mengetahui detail petikan amar putusan hakim. Jadi baik kami dan Pak Halim masih menunggu detail amar putusan dari MA," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Idham Samawi menggugat Pemkab Bantul terkait pengembalian dana hibah Persiba sebesar Rp 11,6 miliar ke kas daerah pada tahun 2014 lalu. Idham menggugat Pemkab Bantul karena yakin uang itu haknya setelah kasus dugaan korupsi yang menjeratnya di-SP3 Kejati DIY.

"Uang yang disetorkan Pak Idham (ke kas umum Pemkab Bantul) itu tetap menjadi haknya Pak Idham," kata kuasa hukum Idham Samawi, Sayed Muhammad Muliady, kepada wartawan di PN Bantul, Senin (23/7/2018).

Dalam perjalanan kasusnya, gugatan Idham Samawi ini ditolak di PN Bantul pada 2014 lalu. Putusan PN Bantul itu dikuatkan majelis hakim Pengadilan Tinggi Yogyakarta yang juga menolak gugatan Idham Samawi pada 30 Maret 2021.

(ams/rih)

Lihat Sumber