Menengok Stadion Galuh Ciamis yang Tetap Terawat Selama Pandemi COVID-19

5 bulan lalu 41
Menengok Stadion Galuh Ciamis yang Tetap Terawat Selama Pandemi COVID-19 (Ist/detik.com)

Ciamis -

Stadion Galuh merupakan satu-satunya stadion kebanggaan warga Kabupaten Ciamis. Berbagai even skala lokal hingga nasional kerap digelar di home base tim sepak bola PSGC Ciamis (Liga 3 Nasional).

Sejak awal pandemi COVID-19, Stadion Galuh ditutup hingga sekarang sudah setahun lebih. Namun kondisinya tetap terjaga dengan baik, rumput lapang sepak bola ini tetap hijau dan terawat.

Stadion Galuh ini sempat menjadi perbincangan di media sosial dan televisi nasional ketika digelar laga segitiga antara PSGC Ciamis, Persib Bandung dan Persebaya. Kualitas stadion tersebut tak kalah dengan stadion berstandar nasional lainnya.

Terlihat ketika hujan lebat saat pertandingan, sistem penyerapan air (drainase) Stadion Galuh menjadi perhatian. Tidak terlihat genangan air hampir di seluruh bagian Lapang. Kondisi ini pun membuat kagum penonton.

Stadion yang dibangun tahun 1990 ini pun kerap digunakan oleh tim sepak bola Liga 1 Persib Bandung untuk latihan setiap menjelang musim liga. Rencananya Stadion Galuh ini juga akan digunakan dalam upacara pembukaan Porprov Jabar 2022.

"Perawatan tetap berjalan setiap hari meski alakadarnya. Kami berpikir kalau dibiarkan tidak terawat untuk mengembalikan seperti sekarang akan lebih besar biayanya dibanding merawatnya," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Ciamis Erwan Darmawan kepada detikcom, belum lama ini.

Perawatan dilakukan secara menyeluruh dengan menggunakan tenaga lokal, mulai dari penggemburan tanah, pemeliharaan drainase, pemotongan rumput, joging track, pagar, tribun dan fasilitas lainnya.

"Tenaga perawatan rumput kita dari lokal tapi memiliki kemampuan luar biasa. Sehingga kualitas rumput tetap terjaga. Padahal selama ini belum pernah mengganti rumput atau medianya. Kita punya tenaga mumpuni," ucapnya.

Baca Selengkapnya