Menghadirkan Berita Viral dan Trending Topik Terkini

Mengenal Vaksin Sinopharm Yang Dijual Kimia Farma Hari Ini

0

Kimia Farma akan memulai penjualan vaksin untuk mengatasi pandemi covid 19 mulai hari ini, Senin 12 Juli 2021. Untuk jenis vaksin yang digunakan adalah Vaksin Sinopharm.

“Vaksin Sinopharm (yang akan digunakan),” ujar Sekretaris PT Kimia Farma Tbk, Ganti Winarno Putra, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Minggu, 11 Juli 2021.

Vaksin Sinopharm sendiri merupakan vaksin virus corona yang dibuat oleh negara China dan telah diujikan di beberapa negara lainnya.

Vaksin tersebut telah masuk dalam daftar vaksin Covid-19 rekomendasi dari WHO dan mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA/izin penggunaan darurat) di China, Uni Emirat Arab, Bahrain, Mesir dan Yordania, dan juga Indonesia.

Vaksin ini menggunakan platform yang sama dengan vaksin Sinovac, yaitu virus yang diinaktivasi atau berjenis inactivated vaccine.

Izin penggunaan darurat vaksin Sinopharm di Indonesia telah diterbitkan pada 29 April 2021. BPOM menyatakan, vaksin tersebut aman digunakan dan telah memiliki izin penggunaan darurat.

Berdasarkan aturan dari WHO pemberian vaksin tersebut hanya kepada orang dewasa berusia 18 tahun ke atas dalam dua dosis suntikan. Adapun selang waktu penyuntikan antara dosis pertama dan dosis kedua disarankan tiga hingga empat minggu.

Tinggalkan Balasan