PAN Sindir Tajam Elite Demokrat yang Rayu Golkar Tinggalkan KIB

Jakarta

PAN bereaksi terhadap rayuan elite Partai Demokrat (PD) Syahrial Nasution kepada Golkar untuk membangun koalisi berdua saja. Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay menyinggung level Syahrial Nasution di internal Demokrat.

Saleh awalnya mengungkapkan kondisi internal koalisi PAN, Golkar, dan PPP, yakni Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Dia memastikan KIB solid dan tak terpengaruh rayuan-rayuan parpol lain.

“KIB ini kan sudah ada tahapan-tahapan yang kita lalui, antara Golkar PAN dan PPP. Kita sudah berjalan maksimal dan sampai sekarang saya kira belum ada isu-isu yang tidak baik di antara koalisi, dan semuanya baik-baik saja,” kata Saleh kepada wartawan, Selasa (5/7/2022).

“Dan karena itu juga kita tenang-tenang saja dengan adanya godaan-godaan seperti itu,” imbuhnya.

Baru kemudian Saleh menganggap level Syahrial jauh untuk bisa mengonsolidasikan parpol lain agar mau berkoalisi dengan Demokrat. Terlebih, sebut Saleh, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sudah bertemu, yang bisa saja sudah membuat keputusan soal potensi koalisi Demokrat dengan Golkar di 2024.

“Pak Syahrial ini saya kira levelnya jauhlah. Karena Mas AHY itu kan sudah bertemu dengan Airlangga,” terang Saleh.

“Jadi sesama ketua umum mereka kan tentu punya kesepakatan juga, atau juga pembicaraan yang mungkin tidak dipublikasi ke media, dan kita tidak tahu hasil pertemuannya seperti apa,” imbuh Ketua Fraksi PAN DPR itu.

Bahkan, Saleh juga menyindir kalimat rayuan Syahrial kepada Golkar agar mau membangun koalisi berdua saja. Di mana, Syahrial menyebut, jika Demokrat dan Golkar berkoalisi, itu sudah memenuhi syarat agar bisa mengusung capres-cawapres.

Saleh menuturkan, sebelum ada rayuan Syahrial, KIB pun sudah memenuhi syarat untuk bisa mengusung pasangan capres-cawapres.

“Kemudian, kalau ada usulan seperti ini yang mengatakan Demokrat saja sudah cukup dengan Golkar, ya sebetulnya kan kita yang di KIB aja sudah cukup, malah lebih. Kalau mau dibalik ya,” kata Saleh

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga ‘Sindiran Demokrat soal Partai Tutup Koalisi Dini’:

[Gambas:Video 20detik]

Artikel asli dapat anda baca langsung melalui sumber resmi.
Jika anda keberatan dengan publikasi artikel ini, silakan ajukan penghapusan artikel melalui email Tim Cari Viral

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.