Pelecehan Seksual Bikin Gubernur New York Diminta Lepas Jabatan

5 bulan lalu 50
Pelecehan Seksual Bikin Gubernur New York Diminta Lepas Jabatan (Ist/detik.com)

Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden meminta Gubernur New York, Andrew Cuomo untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Permintaan Biden ini kasus dugaan pelecehan seksual terhadap belasan perempuan yang diduga dilakukan Cuomo.

"Saya pikir dia harus mengundurkan diri," kata Biden kepada wartawan di Washington, dilansir AFP, Rabu (4/8/2021).

Posisi Cuomo semakin tidak dapat dipertahankan setelah Biden dan Ketua DPR Nancy Pelosi menyerukan gubernur tiga periode itu harus mundur pada Selasa (3/8) malam. Biden meminta anggota parlemen New York bergerak untuk segera memakzulkan Cuomo.

"Saya mengerti bahwa legislatif negara bagian dapat memutuskan untuk melakukan pemakzulan. Saya tidak tahu pasti. Saya belum membaca semua data itu."

Senada, senator New York dari Partai Demokrat, Chuck Schumer dan Kirsten Gillibrand kembali menyerukan pengunduran diri Cuomo.

"Laporan hari ini dari jaksa agung Negara Bagian New York memperkuat dan menguatkan tuduhan para perempuan pemberani yang maju untuk berbagi kisah mereka, dan kami memuji para perempuan karena telah melakukannya," kata mereka.

Penyelidikannya bersifat perdata, bukan pidana, sehingga tidak akan langsung mengarah pada tuntutan.

Namun, polisi dapat menggunakan laporan itu untuk mengambil tindakan lebih lanjut dan kemungkinan juga memainkan peran penting dalam penyelidikan pemakzulan terpisah yang dia hadapi - serta dalam penyelidikan kriminal di Albany, ibu kota negara bagian New York.

Baca Selengkapnya