PKM-RSH UNHAS Lakukan Pengambilan Data Penelitian Karantina Covid di Mapala

5 bulan lalu 51
PKM-RSH UNHAS Lakukan Pengambilan Data Penelitian Karantina Covid di Mapala (Ist/Viral Google News)

Tim PKM Riset Sosial dan Humaniora Universitas Hasanuddin yang beranggotakan Alfi Irtiyah Andini, Muhammad Hidayat, Wafiq Aulia Ramadhani, Adi Indra Wahyudi, dan Andi Fitria Idham yang semuanya merupakan mahasiswa keperawatan melakukan pengambilan data untuk penelitian miskonsepsi karantina Covid-19 di kelurahan Mapala.

Pengambilan data di kelurahan Mapala yang dilakukan pada Sabtu(17/7) ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan penelitian sosial humaniora yang berlangsung di Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.

Diungkapkan oleh tim PKM-RSH Unhas, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan masyarakat mengenai karantina Covid-19, baik itu karantina di rumah maupun karantina di Rumah Sakit.

Hal ini dilakukan oleh tim melihat banyaknya fenomena buruk yang terjadi di masyarakat. Masyarakat saat ini cenderung sangat takut untuk datang berobat ke RS, meskipun penyakitnya sudah terbilang parah. Masyarakat takut untuk datang ke RS sebab takut akan terkonfirmasi Covid-19 kemudian dikarantina.

Penelitian ini hendak mengungkap apa yang sebenarnya menjadi latar belakang ketakutan masyarakat akan karantina Covid-19. Tim memiliki beberapa kemungkinan untuk ketakutan ini, baik itu disebabkan oleh banyaknya berita bohong yang beredar, adanya faktor kehilangan, dan banyak faktor lainnya.

Tim PKM-RSH Unhas menganggap penelitian ini sangatlah perlu, sebab semua anggapan tersebut pada akhirnya dapat memberi dampak yang besar kepada individu tersebut.

Tim PKM-RSH Unhas mengalami banyak tantangan saat melakukan proses pengambilan data, mulai dari ketakutan masyarakat untuk diwawancarai, ketidakpahaman masyarakat akan topik diambil, dan banyak hal lainnya. Namun, pada akhirnya semua kendala tersebut dapat teratasi dengan kerjasama antar anggota tim PKM-RSH ini.

Kegiatan ini sepenuhnya dibiayai oleh Belmawa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Program Kreativitas Mahasiswa.

Baca Selengkapnya