Menghadirkan Berita Viral dan Trending Topik Terkini

PPKM Level 4 Resmi Diperpanjang Hingga 2 Agustus 2021, Ada Beberapa Sektor Boleh Buka Saat PPKM

0

Pemerintah melalui Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan untuk memperpanjang kembali pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 hingga 2 Agustus 2021.

“Saya memutuskan untuk melanjutkan PPKM level IV. Namun, kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait dengan aktivitas dan mobilitas masyarakat yang akan dilakukan bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati,” kata Jokowi dalam keterangannya melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, seperti dilansir Antara, Minggu (25/7).

“Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021,” kata Presiden Jokowi.

Selanjutnya Pemerintah menetapkan beberapa penyesuaian kebijakan PPKM terkait aktivitas maupun mobilitas masyarakat dengan adanya pelonggaran terhadap beberapa sektor yang boleh buka.

Pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok kini diizinkan buka seperti biasanya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, bengkel kecil, asongan, cucian kendaraan dan usaha-usaha kecil lain yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 21.00 yang pengaturan teknisnya disiapkan oleh pemerintah daerah,” kata Jokowi.

Disebutkan, pasar rakyat yang menjual barang non-kebutuhan sehari-hari dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen dan jam operasi sampai pukul 15.00 waktu setempat.

Kemudian untuk warung makan, warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat dengan maksimal pengunjung 3 orang, maksimal waktu 20 menit.

Selanjutnya untuk aturan lebih terperinci akan diatur oleh pemerintah daerah masing-masing.

Tinggalkan Balasan