Saleh Daulay: Jumlah Tenaga Kesehatan Tidak Merata

5 bulan lalu 36
Saleh Daulay: Jumlah Tenaga Kesehatan Tidak Merata (Ist/www.jpnn.com)

Kamis, 05 Agustus 2021 – 22:39 WIB

Saleh Daulay (tengah). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RO Saleh Partaonan Daulay mengatakan jumlah tenaga kesehatan yang tidak merata di seluruh Indonesia menjadi salah satu kendala penanganan Covid-19.

Menurut dia, tenaga kesehatan lebih banyak di daerah besar seperti DKI Jakarta sedangkan daerah lain seperti Nusa Tenggara Timur hanya memiliki sekitar tiga persen dari jumlah keseluruhan dokter spesialis di Indonesia.

"Tenaga kesehatan khususnya yang dokter spesialis 52,8 persen yaitu ada di Jakarta," kata Saleh dalam diskusi yang diadakan oleh Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Kamis (5/8).

Legislator Partai Amanat Nasioanl (PAN) itu menyebutkan bahwa ketimpangan jumlah tenaga kesehatan membuat penanganan pasien Covid-19 tidak merata di setiap daerah.

Rumah sakit di Jakarta, lanjut Saleh, mengalami lonjakan jumlah pasien Covid-19 pada tiga minggu lalu sehingga pasien untuk penyakit lain kesulitan mendapatkan perawatan.

Saleh menceritakan kasus yang ditemuinya beberapa bulan lalu tentang pasien jantung dari daerah luar Jakarta yang harus menunggu 10 bulan untuk mendapat tindakan medis di Jakarta.

"Rumah Sakit Jantung Harapan Kita itu selalu full enggak pernah ada kosong. Ada anggota masyarakat yang mendaftar Februari lalu dan dijadwalkan operasi pada Desember mendatang," tutur alumnus Colorado State University itu.

Baca Selengkapnya