Tatap Layar Komputer Berjam-jam? 5 Cara Jaga Kesehatan Mata di Masa Pandemi

5 bulan lalu 37
Tatap Layar Komputer Berjam-jam? 5 Cara Jaga Kesehatan Mata di Masa Pandemi (Ist/Viral Google News)

Suara.com - Bekerja di depan komputer selama berjam-jam dan pola makan yang buruk meningkatkan risiko kerusakan mata. Apalagi seiring bertambahnya usia kemampuan melihat akan semakin menurun.

Selain itu, selama pandemi Covid-19 membuat banyak orang bergantung pada gadget untuk bekerja dan belajar. Itulah mengapa merawat kesehatan mata jadi hal penting saat ini.

Mengutip Times of India, Kamis (5/8/2021) ada 5 hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, di antaranya sebagai berikut:

1. Mengonsumsi mikronutrien

Mikronutrien atau zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, E, seng, asam lemak omega 3, dan serat yang kaya antioksidan sangat ampuh untuk mencegah penurunan sel di makula, yakni organ pelindung mata yang membantu untuk melihat jelas.

Sehingga saat makan, pastikan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, makanan laut dan rempah-rempah kaya nutrisi untuk melindungi fungsi organ mata.

2. Memperoleh karotenoid

Karotenoid sering juga disebut senyawa kimia yang memberikan warna alami pada buah dan sayur. Karotenoid ini biasanya tersedia di makanan yang mengandung pewarna alami seperti sayuran hijau, wortel, bahkan pada kuning terlur.

Zat ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan pigmen atau pewarna pada mata, sehingga refleksi warna dari benda bisa dilihat dengan jelas.

Baca Selengkapnya