Teten Masduki: UMKM Perlu Dukungan yang Mudah Dijangkau

5 bulan lalu 43
Teten Masduki: UMKM Perlu Dukungan yang Mudah Dijangkau (Ist/detik.com)

Bandung -

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang paling terpukul pandemi COVID-19. Sehingga, perlu stimulus untuk kembali membangkitkan ekonomi nasional, khususunya melalui dukungan terhadap UMKM.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan 99% pelaku bisnis di tanah air berasal dari sektor ini. Sehingga, otomatis sebagian besar dari pelaku UMKM terdampak.

"UMKM termasuk jadi salah satu yang paling terpuruk. Pemulihan ekonomi nasional tidak bisa mengabaikan UMKM karena 99% pelaku usaha adalah mereka. Pelaku UMKM perlu dukungan yang mudah dijangkau agar ekonomi nasional terus berputar," ucap Teten dalam webinar, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya ada tiga kategori pelaku UMKM yang terdampak di masa pandemi COVID-19. Pertama kelompok yang usahanya harus tutup. Kedua, mengalami penurunan pendapatan hingga mengganggu cashflow, dan yang ketiga mampu beradaptasi hingga tetap mengalami pertumbuhan bisnis.

"Tapi agar UMKM dapat terus risilien dan berinovasi di tengah pandemi ini, literasi digital masih menjadi salah satu hambatan," kata Teten.

Di tengah situasi ini, tentunya sektor perbankan menjadi salah satu solusi dari keterpurukan UMKM. Di antaranya dalam penyediaan pembiayaan dan peningkatan kapasitas pelaku usaha.

"bank bjb dalam memulihkan UMKM dilakukan baik dari sisi pembiayaan maupun peningkatan kapasitas pelaku usaha, termasuk di dalamnya adalah pelatihan literasi digital," ujar Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari.

Nancy menjelaskan bank bjb mendukung UMKM lewat bantuan permodalan kredit yang kini juga dapat diakses secara digital. Tak sekedar membantu modal, juga BJB menyalurkan bantuan lewat pola kemitraan.

Baca Selengkapnya