Sebut Pattimura Bernama Asli Ahmad Lussy, Adi Hidayat Trending di Twitter

Sebut Pattimura Bernama Asli Ahmad Lussy, Adi Hidayat Trending di Twitter

Nama Ustadz Adi Hidayat mendadak menjadi pembicaraan warganet di sosial media twitter. Hal ini tak lepas dari pernyataannya dalam sebuah ceramah yang mengatakan bahwa pahlawan nasional Kapitan Pattimura sebenarnya bernama asli Ahmad Lussy, bukan Thomas Matulessy seperti yang selama ini diketahui banyak orang.

Ahmad Lussy dinyatakannya sebagai seorang muslim dan kiyai yang memimpin sebuah pondok pesantren serta berjuang melawan penjajah di Indonesia.

“Di uang 1.000 itu ada gambar Kapitan Pattimura. Siapa nama aslinya? Thomas Matulessy. Lihat baik-baik, banyak orang berusaha menyebut Thomas Matulessy, kami berusaha mencari dan melihat pakar sejarah dikumpulkan, ternyata nama aslinya Pattimura itu bukan Thomas Matulessy, tapi Ahmad Lussy,” ujar ustaz Adi Hidayat dalam potongan video tersebut dikutip suara.com, Selasa (5/7/2022).

Dar pagi hingga saat ini nama Adi Hidayat masih bertengger diurutan pertama trending topik diikuti dengan nama Ahmad Lussy yang diyakininya sebagai Pattimura.

Sementara itu mengutip situs resmi Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kemendikbud Ristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi), Kapitan Pattimura adalah Pahlawan nasional Indonesia dari Maluku.

Pattimura lahir di Haria, Saparua, Maluku Tengah pada 8 Juni 1783 dari keluarga Matulessy. Ayahnya Pattimura adalah Frans Matulessy dan ibunya bernama Fransina Silahoi. Sebelum melakukan perlawanan terhadap VOC ia pernah berkarir dalam militer sebagai mantan sersan Militer Inggris.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.