Viral Anak ini belajar naik motor tanpa helm sampai kakinya belum nyampe

DIATAS TANGAN Sebuah video yang diunggah oleh akun Facebook Criminal New yang dilaporkan Selasa (5/7/2022) menunjukkan seorang anak laki-laki belajar mengendarai sepeda motor, yang sangat berbahaya karena tidak memakai helm sampai kaki anak itu belum tiba.

“Anak kecil belajar naik motor. Entah apa yang orang tuanya pikirkan.?? begitulah deskripsi postingannya.

Berkaca dari kejadian ini, bolehkah seorang anak mengendarai sepeda motor?

Melansir laman Tribrata News Polri, anak-anak memang dilarang mengemudikan kendaraan bermotor. Hal ini dikarenakan anak-anak tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas pasal 77 ayat 1 disebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan kendaraan yang dikemudikannya.

Dalam pasal 81, untuk mendapatkan SIM setiap orang harus memenuhi beberapa syarat. Salah satunya adalah usia minimum untuk SIM A, C dan D 17 tahun, 20 tahun untuk SIM BI dan 21 tahun untuk SIM B II.

Jika Anda tidak memiliki SIM, Anda dapat mengidentifikasi pengendara sepeda motor anak dalam Pasal 281, yang menyatakan bahwa siapa pun yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan tanpa SIM dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama empat bulan atau denda paling banyak Rp. . 1 juta.

Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari pantura.inews.id.
Jika anda keberatan dengan publikasi artikel ini, silakan ajukan penghapusan artikel melalui email Tim Cari Viral

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.